GAYA dan MODALITAS BELAJAR SISWA

Ciri Siswa dgn Modalitas Belajar Visual :
  • mengingat dengan melihat daripada mendengar
  • mengingat dengan asosiasi visual
  • tidak terganggu oleh keributan
  • mempunyai masalah dalam mengingat instruksi verbal
  • pembaca yang cepat dan tekun
  • lebih suka membaca daripada dibacakan
  • mencoret-coret saat bertelepon
  • rapi dan teratur
  • berbicara dengan cepat
  • perencana dan pengatur jangka panjang yang baik
  • teliti dan detail
  • mementingkan penampilan
  • pengeja yang baik
Tips Mengajar Tipe Visual :
    Gunakan buku/media yang banyak ilustrasi gambar dan warna Gunakan “highlghter” atau “garis bawah” dari catatan Penerangan tempat belajar yang tepat Hindarkan “polusi visual” di tempat belajar Buku catatan lengkap Visualisasikan materi Catat kembali dengan format yang lebih sistematis misl. Point-point atau mind map Gunakan bolpoin warna Tuangkan ide / gagasan secara tertulis Gunakan whiteboard/mading untuk menempelkan catt.kecil / jadwal penting Pasang poster Gunakan “mind map”

Ciri Siswa dgn Modalitas Auditori :
  • berbicara kepada diri sendiri saat bekerja
  • mudah terganggu oleh keributan
  • mudah menggerakkan bibir dan mengucapkan sesuatu ketika membaca
  • merasa sulit untuk membaca dan hebat dalam bercerita
  • berbicara dengan berirama/berpola
  • fasih bicara
  • lebih suka seni musik daripada seni rupa
  • lebih suka berbicara, berdiskusi dan mendengarkan panjang lebar

Tips Mengajar Tipe Auditori :
    Rekam penjelasan guru di kelas, ulangi sambil tetap membaca buku catatan Disukusikan / tanya jawab setelah proses belajar Terangkan kembali untuk melatih keberanian Lagukan materi pelajaran hafalan Hindarkan polusi “suara” Berpikir dan mengingat sambil mengucapkan keras

Ciri Siswa dgn Modalitas Kinestetik :
  • berbicara dengan perlahan
  • menanggapi perhatian fisik
  • menyentuh orang lain untuk mendapatkan perhatian
  • berdiri dekat ketika berbicara dengan orang lain
  • tidak dapat duduk diam dalam waktu lama
  • banyak menggunakan isyarat tubuh
  • mudah mengingat tempat/geografis terutama ketika berada ditempat itu
  • menggunakan kata yang mengandung aksi
  • kemungkinan tulisannya jelek
  • ingin melakukan segala sesuatu
  • menyukai permainan yang menyibukkan

Tips Mengajar Tipe Kinestetik :
    Cari AMBAK (“Apa Manfaatnya Bagi Aku?”) Gunakan “highlighter” warna kontras Perbanyak frekuensi break / jeda istirahat dan biarkan mereka bergerak normal dan wajar Sekiranya memungkinkan,lebih sambil berdiri daripada duduk Pasang poster bergerak misl. “Michael Jordan Slamdunk” Menulis di udara

Supported by :
double HELIX privat
Les Privat Bandung, Les Privat SD, SMP, SMA, MATEMATIKA, FISIKA, KIMIA, IPA, IPS, Pengajar dari ITB, UPI, UIN dan UNPAD Bandung